Home » » Target Dinas Pariwisata DKI

Target Dinas Pariwisata DKI

Written By Abang Nonki on Sunday, May 17, 2009 | 2:53 PM


Tahun ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menargetkan mampu meraup pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 1,678 triliun. Angka ini cukup realistis, karena saat ini sedang dalam masa krisis ekonomi global. Bahkan tahun ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI lebih berkonsentrasi menarik wisatawan lokal. Untuk memenuhi target tersebut, beberapa event bakal digelar dalam menyambut HUT DKI Jakarta pada Juni mendatang.
"Kita hanya berani mematok target PAD senilai Rp 1,678 triliun atau meningkat sebesar Rp780 juta dibanding tahun ini lebih karena disesuaikan pula dengan kondisi kunjungan wisatawan saat ini," jelas Arie Budhiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta, di Jakarta, Jumat (15/5). Target tersebut, lanjut Arie, cukup realistis karena disesuaikan dengan berbagai asumsi seperti, krisis ekonomi global dan isu flu babi.
Isu flu babi yang melanda sejumlah negara berdampak cukup besar. Karena ada sejumlah negara yang mengeluarkan travel warning bagi warganya agar tidak bepergian ke luar negeri. "Kondisi tersebut jelas berpengaruh, tidak hanya di Jakarta tapi sejumlah negara lain," tuturnya.
Melihat situasi pariwisata dunia belakangan ini, Arie mengatakan, Disparbud lebih berharap dari kunjungan wisatawan domestik karena Jakarta sebagai ibukota negara dan pusat pemerintahan punya daya tarik tersendiri. Apalagi menyusul dengan HUT ke-482 Jakarta nanti, banyak kegiatan yang bakal mendukung sektor pariwisata. “Kita juga mengajak para stakeholder yang bergerak dalam bidang pariwisata turut mendukung kegiatan tersebut,” ujarnya.

Mengenai PAD, Arie mengatakan, perolehan kemungkinan besar disumbangkan dari industri pariwisata, pajak restoran, pajak makanan dan minuman, sewa kamar, perizinan,hotel, dan travel serta tempat-tempat hiburan dan pertunjukan kesenian. Periode Januari-Maret 2009, Dinas Pariwisata DKI mencatat PAD sebesar Rp 389 miliar.
Sementara itu, berbagai objek wisata dan rekreasi yang masih menjadi andalan Jakarta antara lain, Pelabuhan Sunda Kelapa, museum, Monumen Nasional (Monas), Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, Teater Imax Keong Emas, Taman Ria Senayan, Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol, dan lainnya.

Sumber: Kabar Indonsia | Joko Sugiarto | 16-Mei-2009, 20:00:35 WIB

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tourism Travel News - All Rights Reserved
Modified and developed by Nonki
Brought to you by Nicolaus Lumanauw Ph.D