Home » » Geopark, Kawasan Wisata Karst Pacitan

Geopark, Kawasan Wisata Karst Pacitan

Written By Abang Nonki on Wednesday, July 15, 2009 | 11:31 AM


Wisatawan, khususnya dari manca negara menginginkan suguhan khas dan orisinil. Untuk itu, diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di bidang pariwisata. Sehingga, tingkat kunjungan wisata ke Indonesia setiap tahun mengalami kenaikan. "Pembangunan SDM pelaku industri wisata cukup penting untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Indonesia," kata Winarno Sudjas, Sekretaris Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, ditemui disela-sela acara Lokakarya Fasilitasi Pengembangan Usaha Pariwisata, di Pendopo Kabupaten Pacitan, Rabu (15/7).
Data dari Disbudpar menunjukkan, tingkat kunjungan wisata ke Indonesia selama periode Januari-April 2009 mencapai 1,8 juta wisatawan. Jumlah ini naik 1,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada tahun 2008 tingkat kunjungan wisata total mencapai 6 juta orang. Namun demikian angka ini masih di bawah tingkat kunjungan wisatawan ke negara-negara lain seperti Malaysia, Singapura maupun Cina. “Potensi wisata kita tidak kalah. Hanya saja masalah pelayanan kita tertinggal,” papar Winarno.
Peningkatan SDM para pelaku industri wisata, lanjut Winarno sangat penting. Pasalnya, pelancong menginginkan pelayanan yang lebih dari daerah tujuan. Tidak hanya kenyamanan, rasa aman juga dibutuhkan para pelancong selama berkunjung. Bahkan, faktor lain seperti makanan dan buah tangan juga harus diperhatikan.
Sementara itu, Wakil Bupati Pacitan, HG Sudibyo mengakui bahwa selama ini SDM yang berperan di dunia pariwisata belum memadai. Oleh sebab itu, Pemkab Pacitan ke depan akan mengupayakan peningkatan SDM bidang pariwisata melalui rekruitmen pegawai negeri sipil. Untuk investor pariwisata yang akan berinvestasi juga akan diberikan kemudahan. “Kita akan berikan kemudahan bagi investor di Pacitan.”
Kegiatan Fasilitasi Pengembangan Usaha Pariwisata akan digelar selama dua hari, 15-16 Juli. Agenda kegiatannya meliputi pembekalan pengenalan potensi kepariwisataan bagi wisata remaja, workshop pembinaan usaha pariwisata dan bimbingan teknis usaha pariwisata. Di hari terakhir nanti, kegiatan akan diisi dengan bakti sosial di areal wisata Goa Gong di kecamatan Punung.

Sumber: Kabar Indonesia | Hernawan A. Priyana | 15-Jul-2009, 22:45:03 WIB
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tourism Travel News - All Rights Reserved
Modified and developed by Nonki
Brought to you by Nicolaus Lumanauw Ph.D